Jumat, 24 Mei 2013

HRD (Human Resource Division)

14
MEMAHAMI HRD UNTUK BEKAL PEMBIMBING KARIR



Setelah membaca bab ini, diharapkan akan dapat:
  1. Memahami dokumen pembentukan perusahaan
  2. Memahami tugas HRD berkaitan dengan ketenagakerjaan





























HRD (Human Resource Division) atau bagian personalia merupakan pekerjaan yang memiliki tingkat dinamika yang tinggi dan menentukan perusahaan. Kegiatan pokok HRD adalah mengurus dokumen perusahaan dan ketenagakerjaan.

A. Tugas HRD Terkait Dokumen Pembentukan Perusahaan

Perusahaan yang berbadan hukum, memerlukan sejumlah persyaratan yang harus terpenuhi secara administratif. Beberapa persyaratan itu, menyangkut persyaratan pendirian perusahaan dan persyaratan yang menyangkut produk/jasa.

Persyaratan yang menyangkut pendirian perusahaan meliputi kegiatan sebagai berikut: mendaftarkan perusahaan ke notaris, Surat Keterangan Domisili, NPWP, SIUP dan TDP, HO, serta dokumen impor.

Perusahaan berbadan hukum harus membuat dan mendaftarkan perusahaan ke notaris. Beberapa persyaratannya antara lain: foto copy pengurus, fotocopy NPWP pengurus, nama perusahaan, susunan pengurus (komisaris dan direktur), lokasi tempat perusahaan, baia pencatatan di notaris, dan modal awal yang disetor ke rekening perusahaan. Oleh notaris data itu untuk dilanjutkan ke Kemkumham (Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia).

Surat Keterangan Domisili diajukan ke Kantor Lurah/Desa setempat. NPWP (Nomor Pokok Wajib pajak) dan SPPKP (Surat Peneguhan Persahaan Kena Pajak), didapat dari Kantor Pelayanan Pajak terdekat. SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan), diperoleh setelah ke Kantor Walikota/Bupati. Adapun Surat Izin Gangguan  yang lazim disebut HO (Hinderordonnantie), dibutuhkan apabila dampat kegiatan menimbulkan suara bising, polusi udara, air dsb. HO ini didapat dari Kepala Badan Perizinan Terpadu Pemda setempat.

Mengenai dokumen impor, setidaknya terdapat tiga dokumen penting yang relevan, yakni API-U (Angka Pengenal Impor Umum), NIK (Nomor Induk Kepabeanan), dan SKI (Surat Keterangan Impor). API-U merupakan  izin melakukan impor, diperoleh dari kantor Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dan Perdagangan Provinsi. NIK berguna untuk mengeluarkan barang dari pelabuhan, diperoleh dari Kementerian Keuangan  Direktorat Jendral Bea dan Cukai. SKI diperlukan apabila material yang diimpor sebagai barang yang berbahaya. Dokumen ini diterbitkan oleh Direktur Inspeksi dan Sertifikasi Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Kemplemen Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Adapun persyaratan yang berkaitan dengan produk/jasa, meliputi Sertifikat ISO, HKI, dan SNI.  Sertifikat ISO (International Organization for Standardization). ISO berguna untuk meningkatkan citra perusahaan, kinerja dan daya saing, antara lain ISO 9001 ((manajemen mutu), ISO 14001 (manajemen lingkungan), ISO 22000 (manajemen keamanan makanan), ONHAS 18001 (Manajemen kesehatan dan keselamatan kerja). Beberapa badan ISO antara lain WCS, URS, ACM, WQA, dan TUV.

Sertifikat HKI (Hak Kekayaan Intelektual) diterbitkan oleh Kemhukham, Direktur Jenderal hak Kekayaan Intelektual. Guna HKI agar merek yang dipakai bebas dari duplikasi. Adapun SNI (Standar Nasional Indonesia) dirumuskan oleh Panitia Teknis dan ditetapkan oleh BSN (Badan Standarisasi Nasional). Guna SNI agar diperoleh kepuasan yang terjamin dan konsisten sesuai kebutuhan konsumen.

Selain dokumen-dokumen di atas, masih terdapat dokumen yang terpaut dengan pihak eksternal. Setidaknya terdapat dua pihak yakni Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) dan Dinas Tenaga Kerja.

Berdasarkan UU Tenaga Kerja No 3 tahun 1992, tentang Jamsostek, bahwa terdapat kewajiban perusahaan untuk mendaftarkan setiap karyawannya ke Jamsostek. Beberapa  paket dapat dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan perusahaan. Paket Jamsostek antara lain: JPK (Jaminan Pmemeliharaan Kesehatan), JHT (Jaminan Hari Tua), dan JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja).

Hubungan dengan Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) adalah melegalisir peraturan perusahaan atau kesepakatan kerja bersama sehingga memiliki kekuatan hukum tetap. Fungsi disnaker yang dapat dimanfaatkan perusahaan antara lain:
1.      Pelatihan dan peningkatan produktivitas tenaga kerja
2.      Pembinaan tenaga kerja
3.      Pembinaan hubungan industrial dan persyaratan kerja
4.      Pembinaan kesejahteraan ketenagakerjaan
5.      Pembinaan ketenagakerjaan.

B. Tugas HRD Berkaitan dengan Ketenagakerjaan

Tugas utama HRD dalam perusahaan yang establish adalah mengurus karyawan, sebagai aktor utama dalam system perusahaan. Posisi HRD ini menjadi penentu dinamika dan kesuksesan perusahaan.

Dalam perusahaan setidaknya terdapat tiga bagian utama yang berperan penting hingga suatu perusahaan menghasilkan produk dan memasarkannya. Ketiga bagian itu adalah HRD, produksi dan pemasaran. HRD bertugas menyiapkan SDM pelaksana dalam perusahaan. SDM ini akan bertugas memproduksi barang/jasa yang ada dalam bagian produksi. SDM ini pula yang bertugas memasarkan produk yang ada dalam bagian pemasaran. Ending dari alur kerja ini adalah banyak barang yang mampu dipasarkan dan diserap oleh pasar. 
 










Gambar 7. Posisi HRD dalam perusahaan

Tugas-tugas  HRD antara lain analisis kebutuhan dan rekruitmen karyawan, perjanjian kerja, membuat peraturan perusahaan, pola penggajian, struktur organisasi, menyelesaikan konflik hubungan industrial, dan penghargaan/hukuman.

1. Rekruitmen karyawan
Tugas rekruitmen karyawan meliputi kegiatan pengumuman lowongan pekerjaan, interview, dan psikotes calon karyawan. Pengumuman lowongan pekerjaan dimulai dari profil singkat perusahaan, deskripsi bidang lowongan pekerjaan yang dibutuhkan, persyaratan lamaran kerja dan alamat surat lamaran.  Pengumuman lowongan kerja bias diumumkan melalui surat kabar, internet, dan media lainnya. Bila diumumkan melalui online bisa ke www.jobsdb.com atau www.jobstreet.com. Yang dibutuhkan untuk diumumkan secara detail meliputi: posisi yang dibutuhkan, latar belakang pendidikan, usia maksimal, jenis kelamin, pengelaman kerja, domisi, fasilitas yang disediakan, dan alamat perusahaan.

Setelah surat lamaran masuk, HRD dapat melakukan sortir untuk menemukan kandidat yang sesuai kebutuhan perusahaan. Selanjutnya kandidat dapat dihubungi oleh melakukan interview dengan menentukan jam, tanggal, dan tempat pelaksanaannya. Menjelang proses interview, calon karyawan diminta mengisi formulir isian interview.

Formulir isian interview berisi (1) data pribadi (nama lengkap, tampat, tanggal lahir, alamat, status rumah, nomor kontak, status pernikahan, jumlah anak, agama dan kendaraan);  (2) urutan keluarga  (kedudukan, nama, alamat dan pekerjaan dari ayah, ibu, saudara sesuai urutan kelahiran); (3) pendidikan formal (jenjang pendidikan, alamat, jurusan, dan tahun; (4) pendidikan nonformal (nama pendidikan, alamat, bidang keahlian, tahun); (5) pengalaman kerja (tahun bekerja, nama perusahaan, jabatan, gaji dan alasan berhenti); (6) uraian singkat job description pada pekerjaan terakhir; (7) bidang keahlian (tingkat kemahiran pendidikan komputer, bahasa Inggris, Mandarin, dll); (8) gaji yang diharapkan; (9) kerabat yang dapat dihubungi saat darurat (nama, alamat, telp/hp); (10) siap mulai bekerja (tanggal). Pada bagian akhir formulir ini pelamar diminta menandatangan.

Komponen penilaian yang diisi oleh bagian HRD meliputi objek penilaian dan keputusan diterima/ditolak. Apabila diterima perlu juga membuat keputusan awal bekerja, jabatan, unit kerja, gaji pokok dan insentif kehadiran.
Contoh formulir penilaian HRD


FORMULIR PENILAIAN HRD

Penilaian
5
6
7
8
9
Nilai
Pengalaman
0-1 th
1-3 th
3-5 th
5-10 th
>10 th

Sikap
Buruk
Kurang
Cukup
baik
Sangat baik

Penampilan
Buruk
Kurang
Cukup
baik
Sangat baik

Komunikasi
Buruk
Kurang
Cukup
baik
Sangat baik

Total nilai


Berdasarkan hasil penilaian di atas, maka yang bersangkutan diterima/tidak diterima*) sebagai karyawan dengan rincian sebagai berikut:
Mulai bekerja

Posisi kerja

Bagian/divisi

Gaji pokok

Insentif kehadiran


Mengetahui
Direktur,


_____________

HRD manager


______________

*) coret yang tidak perlu


Berdasarkan isian interview, pewawancara dapat menggali informasi yang lengkap dan akurat dari pelamar. Beberapa pertanyaan umum yang dapat diajukan kepada pelamar, antara lain:
a.      Mengapa Anda memutuskan untuk melamar pekerjaan di perusahaan ini?
b.      Apa alasan Anda keluar dari perusahaan sebelumnya?
c.       Apakah Anda mempunyai prestasi yang dibanggakan? Silakan ceritakanlah!
d.      Silakan ceritakan pengalaman Anda sebelumnya!
e.       Tantangan apa yang Anda cari dalam pekerjaan, karir atau upah yang besar?
f.        Pernahkan Anda bekerja dalam tekanan? Silakan ceritakan bagaimana Anda menyikapinya?
g.      Masalah terbesar apa yang pernah Anda hadapi? Bagaimana Anda mengatasinya?
h.      Silakan ceritakan kegiatan Anda diwaktu senggang!
i.        Silakan ceritakan lima kelebihan dan kekurangan Anda!
j.        Kenapa kami harus memilih Anda?

Kegiatan psikotes diperlukan oleh HRD guna mengetahui gambaran seseorang mulai dari psikis, hingga kemampuan kognitif, kepribadian, emosi dan intelegensinya. Untuk menjaring data psikotes ini, dapat bekerjsama dengan jasa Aleogama_Bimbingan Karir.

2. Perjanjian kerja karyawan

Setelah mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan untuk mengisi posisi yang ditarawarkan, berikutnya membicarakan kesepakatan bersama tentang hak dan kewajiban masing-masing pihak untuk dituangkan dalam kontrak kerja. Kontrak kerja ini dapat berupa kontrak kerja percobaan selama tiga bulan (probation), kontrak kerja satu tahun, dan kontrak kerja karyawan tetap.



Contoh formulir percobaan karyawan Masa percobaan 3 bulan


FORMULIR PERCOBAAN KARYAWAN
MASA PERCOBAAN 3 BULAN

A. Data Pribadi
Nama Lengkap                           : …………………………………………
Tempat / Tanggal Lahir            : …………………………………………
No. Identitas ( KTP )                   : …………………………………………
Alamat tempat tinggal              : …………………………………………
                                                          : …………………………………………
No. Telp / HP                               : …………………………………………
Jabatan/Divisi                              : …………………/……..……………….        
Mulai Bekerja                               : ..………………………………………..        
B. Rincian Gaji (diisi oleh Kepala Divisi)
1.      Gaji Pokok                           : ..………………………………………..
2.      Uang Makan                       : ..………………………………………..
3.      Tj.Transport                        : ..………………………………………..
4.      Insentif  kehadiran           : ..………………………………………..

C. Ketentuan Masa Percobaan:
1.     Masa percobaan berlaku  selama 3 (tiga) bulan, apabila sebelum  masa percobaan berakhir dan karyawan dianggap tidak mampu, maka Perusahaan berhak memutuskan hubungan kerja, karyawan tidak dapat menuntut kompensasi dalam bentuk apapun.
2.     Jam kerja dari pukul 08:30 WIB sampai dengan 17:30 WIB. Apabila terlambat dan atau tidak  masuk kerja tanpa informasi maka akan dipotong sebesar 10% dari insentif kehadiran, apabila sakit wajib melampirkan surat keterangan dari dokter.
3.     Bersedia menaati dan melaksanakan ketentuan perusahaan dan bersedia melaksanakan setiap tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab.
..………………....................
      HRD Manager                                                              Yang Bersangkutan,


      ......................................                                   …………………………                             


Contoh Perjanjian kontrak kerja

PERJANJIAN KONTRAK KERJA

1.        Nama                       : …………….....................................................................
Jabatan                    : General Affair & HRD Manager
Nama Perusahaan    : PT. ......................................................................................
Alamat Perusahaan  : Jl. ........................................................................................
Dalam hal ini mewakili perusahaan, untuk selanjutnya disebut PERUSAHAAN

2.        Nama Lengkap        : ……………………………………….……………..………
Tempat/tgl lahir: ……………………………………….…………………………
Jabatan/Divisi          : ……………………………/…..……………………………
Alamat rumah          : …………………………………………..………………….
: ……………………………………………………………...
          Nomor Telp/Hp: …………………………/..……………………………………..
Status                      :  oSingle     oMenikah dengan anak  ……. orang
                Nomor NPWP        :……………………………………..…………..……………
Agama                     :………………………………………………………………
Untuk selanjutnya disebut KARYAWAN

3.        Isi Perjanjian Kontrak Kerja:
·  Karyawan berhak atas gaji dan tunjangan-tunjangan yang diberikan oleh Perusahaan sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati.
·  Karyawan wajib mentaati semua ketentuan Perusahaan selama jam kerja yang ditetapkan yakni masuk pukul .......... WIB sampai dengan pukul .......... WIB.
·  Karyawan wajib melaksankan setiap tugas dan pekerjaan yang diberikan dengan penuh tanggung jawab.
·  Selama masa kontrak dilarang bekerja di perusahaan lain.
·  Karyawan wajib menjaga dan memelihara setiap fasilitas dan aset perusahaan.
·  Perusahaan berhak memberhentikan karyawan apabila karyawan melakukan pelanggaran disiplin dan atau melakukan tindakan melawan hukum dan undang-undang yang berlaku dan atau melakukan pelanggaran yang berakibat dapat merugikan Perusahaan, tanpa memberikan kompensasi kepada karyawan berupa apapun.
·  Masa Kontrak Kerja ini berlaku selama 1 (satu) tahun terhitung mulai tanggal ........................ sampai dengan tanggal .........................................
·  Perjanjian Kontrak Kerja ini akan diperpanjang setelah masa kontrak ini berakhir dengan terlebih dahulu mendapat rekomendasi dari atasang langsung dan Kepala Divisi.
·  Setiap perselisihan dan permasalahan dalam pekerjaan akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat.

Demikian Surat Perjanjian Kontrak Kerja ini dibuat tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

........................, ......................




…………………………
Karyawan


HRD Manager 



...........................................




Contoh Perjanjian Kerja Karyawan Tetap

PERJANJIAN KERJA KARYAWAN TETAP

Pada hari ini…………………tanggal …… bulan ............................................... tahun …………. telah sepakat membuat perjanjian kerja antara pihak-pihak sebagai berikut:

1.        Nama                                       : ...............................................................................
Jabatan                                    : General Affair & HRD Manager
Nama Perusahaan                    : PT. ........................................................................
Alamat Perusahaan  : Jl. ..........................................................................................
Dalam hal ini mewakili perusahaan, selanjutnya disebut Perusahaan.

2.        Nama Lengkap        : …………………………….………………………………...
Tempat/tgl lahir       : …………………………….………………………………...
Jabatan/Divisi          : ……………………………/…..….…………………………
Alamat rumah          : ………………………………………….……………………
: …………………………………………………….…………
Nomor Telp/Hp       : ………………………………/..……………………………..
                Status                      :  oSingle        oMenikah dengan anak  …….. orang
                Nomor NPWP        : ………………………………….....…..…………..…...........
Agama                     : ............................................…………………………...........
Untuk selanjutnya disebut Karyawan.

3.        Isi Perjanjian Kerja:
·       Karyawan berhak atas gaji dan tunjangan-tunjangan yang diberikan oleh Perusahaan sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati.
·       Karyawan wajib menaati semua ketentuan Peraturan Perusahaan selama jam kerja yang ditetapkan yakni masuk kerja pukul 08:30 WIB sampai dengan pukul 17:30 WIB.
·       Karyawan wajib melaksanakan setiap tugas dan pekerjaan yang diberikan dengan penuh tanggung jawab.
·       Karyawan wajib menjaga dan memelihara setiap fasilitas dan aset perusahaan.
·       Perusahaan dapat memberhentikan karyawan apabila karyawan melakukan pelanggaran disiplin dan/atau melakukan tindakan melawan hukum dan undang-undang yang berlaku dan atau melakukan pelanggaran yang berakibat dapat merugikan Perusahaan.
·       Perjanjian Kerja sebagai karyawan tetap ini berlaku terhitung mulai tanggal ..........................
·       Setiap perselisihan dan permasalahan dalam pekerjaan akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat.
·       Perjanjian ini dibuat dan ditandatangani dengan materai yang cukup sehingga memiliki kekuatan hukum yang tetap.

Demikian Surat Perjanjian Kerja ini dibuat tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

HRD Manager 


..........................................

...................., .......................


…………………………
Karyawan













Perjanjian kerja dengan outsourching antara lain dengan jasa pelayanan kebersihan cleaning service. Isi perjanjian dengan outsourching antara lain :
a.      Judul Perjanjian Kerja Sama antara PT. ................................... dengan PT. .................................... tentang Jasa …, No. …………
b.      Pihak yang bertanda tangan   HRD Manager dengan PT outsourching.
c.       Lokasi dan ruang lingkup pekerjaan
d.      Bentuk kerjasama dan kewajiban-kewajiban
e.       Harga dan cara pembayaran
f.        Jangka waktu
g.      Perselisihan
h.      Addendum
i.        Penutup
j.        Tanggal dan pihak yang menandatangan

3. Peraturan Perusahaan bagi Karyawan
Peruturan perusahaan harus dibuat secara tertulis dan diketahui oleh semua pihak. Peraturan ini lebih tepat dipasang disetiap ruangan kerja dan di setiap divisi. Contoh surat edaran tentang kedisplinan, efisiensi dan efektifitas kerja.

Untuk meningkatkan kedisiplinan dan efisiensi serta efektifitas kerja dengan ini disampaikan beberapa hal sebagai berikut:
a.      Jam kerja dimulai pukul ............ WIB sampai dengan pukul .............. WIB
b.      Jam Istirahat pukul ............. WIB sampai dengan pukul ............ WIB, dilarang meninggalkan pekerjaan/kantor sebelum jam istirahat dan atau setelah jam istirahat berakhir.
c.       Apabila lupa absen, wajib mengisi form Absen yang diketahui oleh Kepala Divisi masing-masing, jika tidak mengisi form Absen dan tidak disetujui oleh Kepala Divisi dianggap mangkir, maka akan dipotong sebesar ........ persen per hari dari insentif kehadiran.
d.      Apabila berhalangan hadir karena alasan penting, wajib menginformasikan ke HRD diketahui oleh kepala Divisi masing-masing dengan mengisi form Absen, apabila tidak mengisi form Absen dan tidak disetujui oleh Kepala Divisi maka akan dipotong sebesar ........persen per hari dari insentif kehadiran.
e.       Apabila berhalangan hadir karena sakit, wajib menginformasikan ke HRD dengan melampirkan Surat Keterangan Sakit dari Dokter (diserahkan pada saat masuk kerja), jika tanpa surat keterangan dokter maka dianggap mangkir, dan akan dipotong sebesar ......... persen dari insentif kehadiran.
f.        Bagi karyawan Marketing/Sales wajib mengisi absensi sebelum melakukan tugas, terkecuali mendapat ijin dari atasan langsung secara tertulis dengan mengisi form Absen, apabila tanpa ijin dari atasan dan tidak mengisi form maka dianggap mangkir, dan dipotong .......... persen dari insentif kehadiran.
g.      Pergunakan sarana telepon seefektif mungkin hanya untuk keperluan kerja
h.      Pergunakan kertas bekas apabila mencetak file/data dokumen untuk keperluan internal
i.        Pergunakan Listrik/Air seperlunya, dan matikan apabila tidak digunakan.
j.        Pergunakan dan rawatlah semua aset perusahaan dengan sebaik-baiknya.

Demikian Surat Edaran ini dibuat dan mulai diterapkan untuk bulan ............., kiranya dapat dipatuhi dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.
............., .......................



.................................
HRD Manager





Contoh pembagian tugas
  
  JOB DESCRIPTION
MANAGER KEUANGAN
DISAHKAN
:


TGL
: ...............................

Bertanggung jawab kepada                      : DIREKTUR 
Membawahi                                                   : Staff Keuangan
                                                                                  Staff Administrasi                                                                                     
·     Fungsi :
Merencanakan, mengoordinasikan, melaksanakan, dan mengawasi aktivitas keuangan dan pembelian agar berjalan dengan lancar dan efektif.

·     Tanggung Jawab :
  1. Mengatur dan mengoordinir seluruh aktivitas keuangan.
  2. Mengoordinir dan mengawasi penyusunan rencana keuangan perusahaan.
  3. Merencanakan dan mengawasi sumber dan penggunaan dana perusahaan, baik jangka pendek maupun jangka panjang secara efektif.
  4. Mengatur dan mengawasi sistem penyimpanan keuangan.
  5. Melaporkan aktivitas keuangan perusahaan ke Direktur.
  6. Mengatur pelaksanaan pembayaran dengan tunai atau giro.
  7. Mengadakan penilaian prestasi bawahan.
  8. Memimpin rapat di bagian Keuangan dan Administrasi.
  9. Menandatangani administrasi-administrasi yang berkaitan dengan keuangan dan administrasi.
  10. Menjalankan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

·     Kualifikasi dan Kompetensi :
  1. Pendidikan minimum S1 atau telah bekerja minimal 5 tahun di bidang Keuangan dan Umum.
  2. Mampu memimpin bawahan minimal 5 orang.
  3. Mampu melakukan koordinasi dengan bagian lain.
  4. Mempunyai kemampuan komunikasi yang memadai.                                                            
  5. Mampu memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan keuangan dan pembelian.
                                  

4. Peringatan, Sanksi dan Penghargaan
Hal ini dapat berupa surat peringatan dan pemberian surat-surat pengahrgaan. Surat peringatan yang yang dikenal dengan SP, terdapat SP 1, SP 2, sampai SP 3. Adapun penghargaan dapat berupa piagam dan  surat sejenis.

Contoh surat peringatan kesatu

Nomor            : .....................................
Lampiran        : -
Perihal            : SURAT PERINGATAN Ke-1


Bahwa untuk penegakan disiplin dan kinerja karyawan, nama yang tercantum di bawah ini:
Nama              : .....................................
Bagian             : .....................................

Telah melakukan pelanggaran disiplin karena telah melakukan kegaduhan dan keributan yang berakibat kegaduhan dan keributan sehinga akan suasana kerja yang tidak kondusif.
Surat teguran pertama ini berlaku selama ............... bulan, apabila dalam masa ke depan Saudara melakukan pelanggaran dan atau kesalahan maka Saudara akan diberikan Surat Peringatan ke-2.

Demikian Surat Peringatan ke-1 ini dibuat agar menjadi perhatian Saudara.
................, ..........................
Diberikan oleh

..................................
HRD Manager





HRD sebagai apresiasi terhadap karyawan, dapat melayani surat pengunduran diri karyawan. Karyawan yang mengundurkan diri dapat dihargai dengan membuat surat referensi kerja.

Contoh  Format Surat Pengunduran Diri
............., ............................
Kepada Yth,
HRD  Manager
PT. ...................................
Jl.
.....................................
..........................................

Perihal: Permohonan Mengundurkan Diri

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini
Nama Lengkap                 : .....................................................
Divisi                                  : .....................................................
Jabatan                               : .....................................................
Nomor Induk Karyawan  : .....................................................

Dengan ini ini saya mengajukan surat permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. ................ terhitung sejak tanggal ..........

Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan oleh PT. ........................... kepada saya selama saya bekerja di perusahaan ini. Tidak lupa saya mohon maaf kepada seluruh jajaran manajemen apabila selama bekerja terdapat hal-hal yang tidak berkenan telah saya lakukan.

Saya berharap semoga PT. .............................. menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses di masa yang akan datang.
Hormat saya

................................................

Contoh surat referensi kerja


SURAT REFERENSI KERJA
No: ...............................................


Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama         :  …....................................
Jabatan       :  HRD Manager

Dengan ini menerangkan bahwa:
Nama                     : .........................................
Jabatan                   :
.........................................

Adalah benar Karyawan PT .................. dan telah mengundurkan diri tanggal .................. Yang bersangkutan telah bekerja terhitung mulai dari tanggal .................... sampai dengan................

Yang bersangkutan telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas serta telah berkontribusi bagi perusahaan dan tidak pernah melakukan tindakan yang merugikan perusahaan.

Kami berterima kasih atas segala kerjasama yang diberikan dan semoga yang bersangkutan dapat lebih sukses dan berhasil dimasa datang.

Demikian surat referensi kerja ini dibuat, untuk dapat dipergunakan seperlunya,

................., .........................
PT. .....................................


.................................
HRD Manager


Contoh lamaran kerja fresh graduate


Perihal : Lamaran Kerja
Bandung, 29 April 2013


Yth. Bapak/Ibu Direktur HRD
PT AGRO INTERNATIONAL
Jakarta


Dengan Hormat,

Bersama surat ini, saya mengajukan lamaran untuk mengisi posisi yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kualifikasi yang saya miliki. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang baik ketika saya diberi kesempatan untuk menjadi karyawan pada PT Agro Internasional, Jakarta.

Mengenai identitas saya,

Nama lengkap         : Munjil Abdul Makrom
panggilan                : Munjil
Gender                    : Laki-Laki
Usia                                    : 23 tahun
Pendidikan              : lulusan Program Strata 1,
  Universitas Islam Negeri SGD Bandung
  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  Prodi Manajemen Pendidikan, dengan IPK 3,21.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:
1.    Daftar Riwayat Hidup
2.    Foto copy  Ijazah S1
3.    Foto copy Transkip Nilai
4.    Foto copy Sertifikat Pendukung
5.    Pas foto  3x4 (2 Lembar)

Saya mengucapkan terima kasih atas segala perhatian dan kesempatan yang telah Bapak/ Ibu berikan.

Hormat Saya,


Munjil Abdul Makrom
Contoh daftar riwayat hidup

Pas photo

berpakaian formal
 
DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Munjil Abdul Makrom
Jln. Manisi IV.
Kel. Pasirbiru Kec. Cibiru
Kota Bandung 40615
Ponsel : ……………..
Munjil90@gmail.com


Data Pribadi
·         Gender                            : Laki-laki
·         Tempat / Tanggal Lahir   : Garut / 04 Januari 1990
·         Agama                             : Islam
·         Status                              : Belum Menikah
·         Alamat Asal                    : Jln. Warung  Peteuy.
                                                  Desa Sukaraja Kec.Banyuresmi
                                                  Kab. Garut
·         Hobi                                : Futsal

Pendidikan Formal
·         Jurusan Manajemen Pendidikan (Kependidikan Islam), S-1,
Fakultas Tarbiyah dan Kependidikan UIN “SGD” Bandung          (2008-2013)
·         MA & MTs Persatuan Islam 96 Lempong Garut                            (2002-2008)
·         SD Negeri Sukaraja III                                                                   (1997-2002)
·         TK Al-Wathaniyah                                                                          (1996-1997)

Organisasi
·         Sekretaris Bidang Pendidikan Remaja Salagedang (Organisasi Pemuda) Garut (2006-2008)
·         Sekretaris Rayon Tarbiyah dan Keguruan PMII Cab. Kota Bandung (Organisasi Ekstra Kampus) UIN SGD Bandung (2009-2010)
·         Sekretaris Bidang Pengembangan Intelektual (Organisasi Intra Kampus) Himpunan Mahasiswa Jirusan Kependidikan Islam UIN SGD Bandung (2010-2011)
·         Sekretaris Perhimpunan Mahasiswa Kota Intan Garut (Organisasi Ekstra Kampus / Organisasi Kedaerahan) Bandung (2011-2013)

Keahlian Komputer
·         Office : MS. Word, MS. Excel, MS. Power Point
·         Corel Draw

Demikian Daftar riwayat hidup ini dibuat dengan sebenar- benarnya.

Hormat saya,



Munjil Abdul Makrom, S.Pd.I

2 komentar:

  1. thanks gan info di blog nya

    berguna banget untuk saya sebagai referensi

    thanks

    BalasHapus
  2. thx, info yg bagus dan bermanfaat.... untuk download draf dokumen ketenagakerjaan (draf peraturan perusahaan, perjanjian kerja PKWT & PKWTT, surat keputusan PHK, surat keputusan pengangkatan karyawan, dll) dalam format word (.doc), silahkan kunjungi:
    http://www.legalakses.com/draf-dokumen-ketenagakerjaan/

    BalasHapus